Semarang (19/04/2020) Internet Club mengadakan sharing bareng online via discord yang kedua dengan tema “Find Your Ikigai”. Tentunya sharing kali ini diikuti oleh Anggota aktif, Senior serta Alumni dari Internet Club.

Siapakah pengisi sharing kali ini? Sharing bersama ini akan diisi oleh Senior Internet Club, yaitu Dimas Ahmad Rizal.

Apa itu Ikigai?

Jadi, ikigai merupakan nilai hidup yang terlahir dari kebiasaan orang – orang Jepang. Itulah mengapa mereka lebih bersemangat menjalani hari – harinya. Pasti sebelumnya kalian bertanya-tanya, kenapa orang Jepang disiplin, pekerja keras dan mempunyai motivasi yang sangat tinggi? Ikigai sendiri dapat menjawab keresahan – keresahan manusia.

Secara terminologi Ikigai adalah bahasa Jepang, yang berasal dari ‘Iki’ artinya kehidupan dan ‘Gai’ yang berarti adalah nilai. Jika diartikan, ikigai merupakan tujuan dan nilai hidup untuk siap menghadapi hari. Pada dasarnya ikigai amat menekankan pada tujuan dan nilai dasar hidup manusia yang dipegang secara terus menerus. Istilah dasarnya semacam, buat apa kita hidup kalau enggak ada tujuan dan alasannya. Nah Ikigai ini sangat cocok nih kita lakukan terutama teman – teman mahasiswa atau organisasi nih.

Penjelasan dari gambar diatas dapat kita simak baik –baik :

  1. Passion

Pada kata ‘What you love’ merupakan hal-hal yang kita suka dan berhubungan dengan kata ‘What you are good at’ yang merupakan hal-hal biasa kita lakukan, maka himpunan yang terbentuk bisa kita sebut sebagai passion. Misalnya saja, kita sangat menyukai coding dan selalu membuatnya setiap hari, dan membuat kita akhirnya memutuskan untuk mengcoding dan menuangkannya dalam bentuk karya contohnya website maupun aplikasi yang bersumber dari apa saja yang kita dapatkan selama ini, maka hal tersebut merupakan passion-mu.

  1. Profession

Ketika kita memiliki hal yang bisa dilakukan, yang mana tadi adalah ‘What you are good at’ dan karena kemampuan itu kita diberi upah, yaitu kata ‘What you can be paid for’, maka hal tersebut adalah profesimu. Jika menggunakan contoh sebelumnya, apabila kita mengcoding dan kamu dibayar atas apa yang telah dikerjakan, maka programer bisa dibilang merupakan profession atau profesimu.

  1. Vocation

Ketika kita melakukan sesuatu hal untuk kebutuhan banyak orang, yang mana merupakan kata ‘Vocation‘ dan kita melakukannya demi kebutuhan banyak orang, yang mana adalah kata ‘What the world needs’, maka hal tersebut disebut vocation atau keahlian. Misalnya saja kita diminta membuat desain tentang acara seminar, atau kita diminta melakukan bakti sosial untuk acara amal, maka akan disebut memiliki vocation atau keahlian yang berguna bagi orang lain.

  1. Mission

Ketika kita memiliki suatu hal yang disuka, yang mana adalah ‘What you love’ dan hal tersebut ternyata menjawab apa yang dibutuhkan banyak orang, yang mana adalah kata ‘What the world needs’, maka bisa dibilang bahwa kita sedang memiliki misi atau mission. Contohnya saja, kita diminta untuk melakukan acara pelatihan public speaking di sebuah lingkup kampus A, lalu kampus B juga meminta hal yang sama, namun di satu sisi lain banyak meminta kita untuk melakukan pelatihan public speaking yang netral, tidak untuk kampus A atau B, maka bisa dibilang kita memenuhi apa yang orang banyak butuhkan yaitu, ketidakberpihakkan akan suatu pihak.

  1. Ikigai

Kalau kita sudah memiliki passion, profession, vocation dan mission, maka pelengkap dari semua kata tersebut adalah ikigai. Ikigai inilah yang menjadi alasan kita untuk tetap bangun pagi dan memulai segala sesuatunya. Kita yang terus produktif untuk membuat aplikasi yang menginspirasi banyak orang dengan pemikiran kita yang mewakili masyarakat dan dituangkan dalam berbagai karya.

Nah, ketika seseorang sudah menemukan sisi ikigai-nya, sesulit apapun rintangan yang sedang dihadapi, maka ia akan terus bergerak maju dan jauh dari stres, depresi, dan mengalami tekanan hidup. Mereka akan menjalani keseharian mereka dengan senang hati dan penuh semangat.

Gimana, Netters? Sudah mulai semangat lagi menjalani segala rutinitas? Yuk, mulai dengan belajar dengan tekun dan jangan lupa terus ikuti sosial media dan website Internet Club. Pasti banyak kegiatan menarik lainnya.