pelatihan backend internetclub

pelatihan backend internetclub

Semarang, 28 September 2019, Halo Netters, kembali lagi dengan acara yang diadakan Internet Club. Sebelumnya kita mengadakan acara Talk Show IC-Talk. Dikesempatan kali ini Internet Club mengadakan Pelatihan Back-End Laravel dengan tema “Langkah Mudah Membuat Halaman Admin Menggunakan Laravel dan CRUDBooster” yang tentunya sangat seru dan banyak memberikan ilmu. Diacara ini peserta diajarkan tentang logika dalam penggunaan Laravel dan CRUD BOOSTER untuk membuat sebuah halaman Admin dengan menggunakan Laravel dan CRUD BOOSTER yang diinstrukturi oleh Mualif Ulil Misbakh selaku anggota aktif Internet Club.

Sebagai awal pelatihan ini, peserta akan dijelaskan terlebih dahulu tentang Laravel dan CRUD BOOSTER yang akan digunakan dalam pelatihan ini. Ada beberapa materi yang akan disampaikan oleh Instruktur antara lain Create, Read, Update, dan Delete dengan Laravel dan CRUD BOOSTER.

Selanjutnya peserta diinstruksikan oleh Instruktur untuk menginstal Laravel dan CRUDBooster. Setelah proses instalasi selesai, peserta diinstruksikan untuk membuat database dan table. Setelah pembuatan database dan table selesai, peserta diarahkan untuk membuat migration terlebih dahulu. kemudian dilanjutkan dengan pembuatan modul.

Kemudian Istruktur melanjutkan instruksi yang selanjutnya yaitu Setting Up Aplikasi. Di Setting Up Aplikasi ini, peserta diarahkan agar menjadi error dalam projectnya. Error ini dimaksudkan untuk melihat kesalahan apa yang terjadi di dalam error, Kemudian peserta diberikan cara untuk mengatasi masalah error tersebut.

Setelah itu peserta akan di instruksikan untuk memasukkan data kategori, penerbit, dan data buku. Setelah data-data dimasukkan, peserta akan diarahkan untuk membuat API di CRUDBooster. Di dalam API, peserta dikerahkan untuk membuat REST API. Setelah REST API telah siap dipakai, untuk mengakses API, dapat menggunakan link yang tertera di API BASE URL. demikian Langkah Mudah Membuat Halaman Admin Menggunakan Laravel dan CRUDBooster.

Jadi begitulah sedikit gambaran tentang pelaksanaan Pelatihan Back-End Laravel. Bagaimana menurut kalian acara tersebut, menarik kan?. Nah setelah ini Internet Club masih mempunyai acara yang lebih menarik, nambah pengalaman, dan tentunya lebih menambah ilmu pengetahuan. sekian dan terus semangat!!!