Semarang, 5 Oktober 2019. Halo Netters, kembali lagi dengan acara yang diadakan Internet Club. Sebelumnya kita mengadakan Pelatihan Backend menggunakan Laravel dan Crudbooster. Dikesempatan kali ini Internet Club mengadakan Pelatihan Front-End Vue JS dengan tema “Tampilan Web Simpel dengan Vue JS” yang tentunya sangat seru dan banyak memberikan ilmu. Diacara ini peserta diajarkan tentang logika dalam penggunaan Vue JS untuk membuat sebuah tampilan web simpel dengan menggunakan Vue JS dengan diinstrukturi oleh Fariz Akbar Shalahhuddin selaku anggota aktif Internet Club.

Sebagai awal pelatihan ini, peserta dikenalkan terlebih dahulu apa itu Vue JS dan Bootstrap Vue yang akan dipakai dalam pelatihan kali ini. Adapun materi yang akan di sampaikan oleh Instruktur diantaranya Basic Vue JS, CRUD, Vue Router, dan VueX.

Dalam sesi Basic Vue JS, Instruktur mengenalkan terlebih dahulu elemen-elemen pendiri vue.js, yaitu HTML, CSS, dan Javascript. Selanjutnya, Instruktur menjelaskan tata letak elemen-elemen yang ada di dalam vue.js. kemudian Isntruktur mengajarkan dasar-dasar vue.js dengan membuka JSFiddle sebagai playground untuk latihan. Sebelum memulai pembuatan website dengan VueJS, ada beberapa program yang harus di instal terlebih dahulu seperti Vue-CLI dan Vue Bootstrap dengan menggunakan Node Package Manager.

Selanjutnya yaitu sesi Vue-Router, Instruktur mengajarkan untuk membuat file pada folder components dengan nama Header.vue. kemudian pada App.vue, Home.vue, dan HelloWorld.vue di ubah sesuai yang telah di ajarkan Instruktur. Setelah sesi Vue-Router selesai, sesi selanjutnya yaitu CRUD Module MataKuliah. Dalam sesi ini, Instruktur mengajarkan bagaimana cara membuat tampilan Mata Kuliah, menambah data Mata Kuliah, menghapus data Mata Kuliah, dan mengedit data Mata Kuliah. Setelah master mata kuliah selesai, Instruktur mengajarkan cara membuat inputan KRS.

Sesi terakhir yaitu VueX, Instruktur mengenalkan terlebih dahulu mengenai VueX. Kemudian Instruktur mengajarkan cara memindah data CRUD MataKuliah ke dalam VueX sebelum dikirim ke server Database. Langkah terakhir adalah membuat Module KRS yang nantinya kaan di tampilkan di halaman depan.

Jadi begitulah sedikit gambaran tentang pelaksanaan Pelatihan Front-End Vue JS. Bagaimana menurut kalian acara tersebut, menarik kan?. Nah setelah ini Internet Club masih mempunyai acara yang lebih menarik, nambah pengalaman, dan tentunya lebih menambah ilmu pengetahuan. sekian dan terus semangat!!!